Minggu, 22 April 2012

iNdiKatoR

Indikator adalah senyawa kompleks yang bisa bereaksi dengan asam dan basa. Indikator digunakan untuk mengidentifikasi apakah suatu zat bersifat asam atau basa. Indikator juga digunakan untuk mengetahui titik tingkat kekuatan asam atau basa.
Skala keasaman dan kebasaan ditunjukan oleh besar kecilnya nilai pH yang skalanya dari 0-14. Dimana semakin kecil nilai pH maka akan bersifat asam (pH<7). Semakin besar nilai pH maka akan bersifat basa (pH>7). Dan pH=7 akan bersifat netral.
Syarat dapat atau tidaknya zat dijadikan indikator asam basa adalah bisa terjadi perubahan warna apabila suatu indikator diteteskan pada larutan asam atau basa.
Indikator terbagi menjadi :
Indikator Alami
Indikator alami biasanya terbuat dari zat warna alami tumbuhan. Indikator alami biasanya hanya bisa menunjukan apakah zat tersebut bisa bersifat asam atau basa. Tetapi tidak menunjukan nilai pH-nya. Contohnya Ekstrak bunga mawar, ekstrak kunyit, ekstrak wortel, ekstrak temulawak, dan lain-lain.

Bunga Mawar











Indikator Sintetis
Indikator ini biasa digunakan saat praktikum kimia. Indikator Kertas lakmus tidak dapat menunjukan nilai pH, tetapi hanya bisa menunjukan apakah zat tersebut bersifat asam atau basa. Jika bersifat asam maka kertas lakmus akan berubah menjadi warna merah. Sedangkan jika basa maka kertas lakmus akan berubah menjadi warna biru.

Kertas lakmus

Trayek pH beberapa indikator
Indikator
Asam
Basa
pH
Merah Metil
Merah
Kuning
4,2-6,3
Merah Klorofenol
Kuning
Merah
4,8-6,4
Litmus
Merah
Biru
5,0-8,0
Biru bromotimol
Kuning
Biru
6,0-7,6
Ungu Difenol
Kuning
Lembayung
7,0-8,6
(Basa) Merah Kresol
Kuning
Merah
7,2-8,8
(Basa) Timol Biru
Kuning
Biru
8,0-9,6
Fenolftalein
Tak Berwarna
Merah
8,3-10,0
Timolftalein
Tak Berwarna
Biru
9,3-10,5

Indikator Universal
Indikator Universal memiliki warna standar yang berbeda untuk setiap nilai pH (1-14). Fungsi indikator Universal adalah untuk memeriksa derajat keasaman (pH) suatu zat secara akurat. Karena aplikasinya menuntut pengukuran pH secara tepat maka sering digunakan pH Meter dan Indikator Universal.

Indikator Universal


pH meter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar